MATERI-MATERI IPA KELAS 1 SD
MAKALAH
Dosen: Abdur Rosyid, M.Pd
Diajukan untuk memenuhi Salah Satu Tugas Mata
Kuliah
Kapita Selekta
Pendidikan IPA SD
Oleh
Oleh:
Haris Muhidin
Lia Yulianti
Puji Nurani
Sinta Rosdiana
Yati Prihatiningsih
Zaenal Arifin
Kelompok 2
Kelas IPA 1
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS PENDIDIKAN
DASAR
UNIVERSITAS
MAJALENGKA
MAJALENGKA
2016
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur seraya penulis panjatkan
kehadirat Allah Subhanahu’wata’ala, yang atas karunia dan nikmat-Nyalah,
penulisan makalah Materi-materi IPA Kelas II SD terselesaikan.
Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi
salah satu tugas Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan IPA SD. Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak
kekurangan dan kesalahan-kesalahan. Hal ini semata-mata karena keterbatasan
kemampuan kami sendiri. Oleh karena itu, sangatlah kami harapkan saran dan
kritik dari semua pihak, khususnya pembaca. Harapan penulis, semoga penulisan makalah ini
bermanfaat khususnya bagi kami sendiri, umumnya bagi para pembaca.
Majalengka,
Desember 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR....................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang....................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah.................................................................................. 1
C.
Tujuan Penulisan.................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Makhluk Hidup dan
Kehidupan ........................................................... 3
B.
Bentuk Wujud serta Kegunaan Benda ................................................. 7
C. Sumber
Energi dan Kegunaannya .................................................... 9
D. Peristiwa
Alam dalam Kehidupan ................................................... 12
BAB IIIPENUTUP
A.
Kesimpulan 14
B.
Saran 14
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................... 15
BAB
1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam
proses pembelajaran, bahan ajar berkedudukan sebagai modal awal yang akan
digunakan atau diproses untuk mencapai hasil. Hasil tersebut berupa pemahaman
dan kemampuan siswa. Pentingnya bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran dapat
dianalogikan seperti pentingnya bahan-bahan untuk memasak. Jika tidak ada bahan
yang digunakan dalam memasak, maka tidak akan ada masakan yang dihasilkan.
Sebaliknya, jika terdapat bahan makanan untuk dimasak maka akan dihasilkan
suatu makanan walaupun itu sangat sederhana. Dengan melihat analogi tersebut
kita dapat memahami bahwa bahan memiliki kedudukan yang penting terhadap suatu
proses. Demikian pula halnya dengan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Bahan ajar merupakan komponen yang harus
ada di dalam proses pembelajaran.
Melihat
bahan ajar itu sangat penting maka kami menyusun beberapa materi IPA yang ada
di kelas II
SD. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini ialah untuk memeparkan
materi-materi IPA yang ada di kelas II
SD.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka ada
beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu sebagai
berikut:
1. Apa yang dimaksud makhluk hidup dan proses kehidupan?
2. Apa
saja bentuk dan wujud serta kegunaan benda?
3. Apa
saja sumber energi dan kegunaannya?
4.
Apa saja peristiwa alam dalam kehidupan?
C. Tujuan
Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah yang akan di bahas, tujuan yang ingin dicapai dari makalah ini
adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
mengenal makhluk hidup
dan proses kehidupan.
2.
Untuk
mengetahui bentuk dan wujud serta kegunaan benda.
3.
Untuk
mengetahui sumber energi dan kegunaannya.
4.
Untuk
mengetahui peristiwa
alam dalam kehidupan.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Makhluk Hidup dan Kehidupan
Standar
Kompetensi:
1. Mengenal
bagianbagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
Kompetensi
Dasar:
1.1 Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan
a.
Materi:
Hewan
dan Tumbuhan di Sekitar Kita
1) Bagian
Utama Tubuh Hewan dan Tumbuhan
a) Mengenal Bagian Tubuh Hewan
i.
Bangsa serangga
Kupu-kupu
termasuk golongan serangga contoh golongan serangga ada semut belalang kecoa
dan lebah jenis serangga mempunyai enam kaki.
ii.
Ikan
Ikan binatang di air berjalan
dengan sirip dan ekor sirip untuk berjalan ekor untuk berbelok ikan ada yang
bersisik tapi ada yang tidak bersisik ikan gurami bersisik ikan lele tidak
bersisik.
iii.
Bangsa Ular
Ular
berbentuk memanjang, ular tidak mempunyai kaki, ular bergerak dengan perut,
ular termasuk binatang bahaya, karena, kalau menggigit beracun, racun keluar
melalui taring.
iv.
Bangsa Burung
Setiap
burung mempunyai kaki sayap paruh, kaki berguna untuk berjalan, sayap berguna
untuk terbang, paruh berguna untuk mematuk, burung mempunyai ekor, ekor berguna
untuk membantu terbang.
b) Menggambar
Hewan dan Memberi Nama pada Hewan
i.
Menggambar kucing
ii.
Menggambar burung
iii.
Menggambar ikan
c) Meniru
Suara Hewan
i.
Sapi
ii.
Kucing
iii.
Itik
iv.
Kambing
v.
Angsa
vi.
Ayam jantan
vii.
Katak
2) Bagian
Bagian Utama Tumbuhan
Akar
adalah bagian utama tumbuhan. Akar terletak paling bawah. Akar
di dalam tanah, akar berfungsi menyerap air. Akar dari dalam tanah.
Di atas akar ada
batang, ada batang yang tidak bercabang , misalnya
jagung pepaya pisang kelapa, ada batang yang bercabang, misalnya pohon mangga jambu jeruk rambutan.
Tumbuhan
memiliki daun, pada umumnya daun tumbuhan berwarna
hijau , daun, berguna untuk memasak makanan, bentuk daun
bermacam macam , ada yang menyirip dan yang menjari.
Kompetensi
Dasar:
1.2 Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari
biji menjadi tanaman)
a.
Materi:
Pertumbuhan
Hewan dan Tanaman
1) Pertumbuhan
pada Hewan
a) Pertumbuhan
Ayam
Telur ayam menetas menjadi anak
ayam, anak ayam berbulu lembut, anak
ayam, sangat lucu, setelah beberapa minggu, anak ayam berubah, bulu bulu halus
hilang, berganti bulu besar,
tubuhnya juga semakin besar, betina mempunyai ekor pendek,
jantan mempunyai ekor panjang
b) Pertumbuhan
Kambing
Anak kambing baru lahir, tubuhnya
kecil, baru belajar berdiri dan berjalan, beberapa minggu berjalan pelan,
tubuhnya mulai membesar, anak kambing mulai berlari, tubuhnya semakin kuat dan
besar, beberapa bulan berikutnya, anak kambing membesar seperti induknya, semua
hewan mengalami pertumbuhan
2) Pertumbuhan
pada Tumbuhan
Anto
menanam kacang tanah menggunakan tempat tanah basah, kacang tanah tumbuh dengan
akar diikuti dengan tunas. Pertumbuhan kacang tanah pada hari berikutnya batang
dan daun beberapa hari tumbuh
tinggi besar.
b.
Kesulitan: Ada sedikit masalah dalam menyampaikan materi ini dikarnakan masa
pertumbuhan itu sangat lama, dan kita harus menunjukan pertumbuhan pada hewan
dan tumbuhan tersebut kepada siswa.
c.
Solusi:
Adapun solusi yang kami dapat
gunakan yaitu dengan menggunakan media gambar, membawa secara langsung hewan
atau tumbuhan tersebut.
Kompetensi Dasar:
1.3 Mengidentifikasi
berbagai tempat hidup makhluk hidup
(air, tanah dan tempat lainnya)
a.
Materi: Tempat
Hidup Makhluk Hidup
1)
Tempat Hidup Hewan
a)
Hewan yang hidup di darat
Hewan
yang hidup di darat disebut juga hewan darat, misalnya singa, gajah, kelinci,
ayam, kambing, itik, sapi.
b)
Hewan yang hidup di air
Hewan yang hidup di air disebut
juga hewan air, misalnya ikan, kerang, cumi-cumi.
c)
Tempat Hidup Tumbuhan
·
Tumbuhan yang Hidup di Darat
Tumbuhan yang hidup di
darat disebut juga tumbuhan darat, misalnya pohon mawar, pohon papaya, pohon
pisang.
·
Tumbuhan yang hidup di arir
Tumbuhan yang hidup di
air disebut juga tumbuhan air, misalnya eceng gondok, teratai, rumput laut.
·
Tumbuhan yang Hidup pada tumbuhan Lain
Misalnya seperti
benalu, tali putri.
Kompetensi Dasar:
1.4 Mengidentifikasi
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
a. Materi: Keterkaitan
Hewan dan Tumbuhan dengan Kehidupan Manusia
1)
Hewan yang Menguntungkan manusia
Misalnya sapi, kambing, ayam.
2)
Hewan yang merugikan manusia Misalnya ulat, tikus, belalang
3)
Hewan yang membahayakan manusia Misalnya nyamuk, ular.
4)
Tumbuhan yang menguntungkan manusia Misalnya padi, tanaman obat, tanaman
mangga, jagung.
b.
Masalah
: masalah yang kami temui dalam menyampaikan materi ini adalah kesulitan dalam
menyampaikan hewan yang merugukan dan hewan manusia. Kesulitan ini yaitu
dikarnakan siswa belum tentu pasti mengetahui apa saja contoh kerugian manusis
yang disebabkan oleh hewan.
c.
Solusi
: Dengan membawa suatu bukti atau contoh dari sebuah daun yang telah dimakan
ulat kemudian dijelaskan kepada siswa.
B. Bentuk
dan Wujud serta Kegunaan Benda
Standar
Kompetensi :
2. Mengenal
berbagai bentuk benda
dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.
Kompetensi Dasar :
2.1
Mengidentifikasi ciri–ciri
benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
a. Materi
: Ciri Benda Padat dan Cair
1) Zatpadat
a)
Bentuknya tetap dan tidak akan berubah
b) Mempunyai
volume yang sama atau tetap
c) Letak
molekulnya sangat berdekatan dan teratur
d) Gerakan
molekul terbatas
2) Zat
cair
a)
Bentuk selalu berubah-ubah sesuai dengan
tempatnya
b)
Volume zat cair tetap
c)
Letek molekulnya berdektan
d) Gerak
molekulnya agak bebas
3) Zat
gas
a)
Bentuk dan volumenya berubah sesuai
dengan tempatnya
b)
Letak antara molekulnya sangat berjauhan
c)
Selalu memenuhi ruangan Karen gerak
molekulnya sangat bebas.
b.
Masalah :
Masalah yang kami temui dalam menyampaikan materi ini yaitu menjelaskan
sebagian dari ciri-ciri benda tersebut baik padat,cair, dan gas. Terutama saat
menyampaikan mengenai konsep molekul, menurut kamu siswa akan kesulitan dalam
memahami dari molekul tersebut.
Kompetensi
Dasar
2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung)
akibat dari kondisi tertentu
a.
Materi
: Perubahan bentuk dan wujud benda Perubahan bentuk benda:
1)
Kayu menjadi meja,
kursi, lemari
2)
Kaca menjadi gelas, piring, toples
3)
Kain menjadi baju, sapu tangan,
celana
Dalam kehidupan sehri-hari kita dapat menyaksikan sendiri bahwa es yang
padat dapat menjadi
air, air dapatmenjadiuap air, danuap air di
udara dapat pula mengembun menjdi air kembali.
1) Peristiwa
perubahan mujud dari padat ke cair disebut mencair Contohnya: es yang mencair, lilin yang
mencair
2) Peristiwa
perubhan wujud cair ke gas disebut menguap Contohnya:
minyak wangi yang menguap
3) Peristiwaperubahan wujud dari
gas ke cair disebut mengembun Contohnya:
uap air di udaradapatberubahkembalimenjadi air
4) Peristiwa perubahan wujud dari cair kepadat disebut membeku Contohnya:
tima mencair karena dipanaskan dapat menjdi pdt kembali
5) Peristiwa perubahan wujud dari padat ke gas disebut menyublin Contohnya:
terjdinya salju
Kompetensi
Dasar:
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya melalui pengamatan
a. Materi : Membuat
daftar benda-benda yang ada disekitar dan menceritakan kegunaan bend-benda
disekitar.
Benda-benda
disekitar sekolah:
1)
Papan
tulis digunakan untuk menulis menggunkan kapur atau spidol
2)
Kursi
digunkan untuk duduk
3)
Lemri
digunakan untuk meletakan buku-buku
4)
Jam
digunkan untuk melihat waktu
C.
Sumber Energi dan Kegunaannya
Standar
Kompetensi :
3.
Mengenal berbagai sumber energi yang
sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan kegunaannya
Kompetensi
Dasar :
3.1 Mengidentifikasi
sumber-sumber energi (panas, listrik,
cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
a. Materi
: Sumber Energi
1) Sumber
Energi Panas
Energi adalah
kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. Sumber energi adalah segala sesuatu
yang dapat menghasilkan energi. Api juga termasuk sumber energi panas. Kayu
yang dibakar akan menghasilkan panas, kertas yang dibakar juga menghasilkan
panas.
2) Sumber
Energi Listrik
Sumber energi
listrik menghasilkan arus listrik. Ada listrik yang bertegangan tinggi. Ada
pula yang bertegangan rendah.
Ada beberapa
macam sumber energi listrik, misalnya pembangkit listrik, baterai, aki, dan
dinamo. Pembangkit listrik menghasilkan listrik yang bertegangan tinggi.
Pembangkit listrik mengalirkan listrik ke rumah-rumah. Hampir setiap rumah
terpasang jaringan listrik.
3) Sumber
Energi Cahaya
Sumber
energi cahaya menghasilkan cahaya. Kita dapat melihat benda karena adanya cahaya.
Matahari adalah
sumber energi cahaya yang utama. Energi cahaya dari mataharimenerangi bumi.
Kita dapat melihat benda-benda dan pemandangan.
Api juga
termasuk sumber energi cahaya. Yala api menerangi daerah sekitarnya. Pernahkah
kalian menyalakan lilin? Daerah di sekitar lilin tentu menjadi terang.
4) Sumber
Energi Bunyi
Sumber energi
bunyi menghasilkan bunyi. Setiap saat kita mendengar bunyi. Bunyi dapat berasal
dari banyak hal.
Kita emmiliki
pita suara. Saat kita berbicara, pita suara bergetar. Getaran akan menghasilkan
bunyi. Bunyi disebut juga suara. Begitu pula saat kita bernyanyi. Kita bisa
mengenali bunyi jika mampu mendengar. Telingan adalah indera pendengaran kita.
Tanpa telinga, kita tidka mampu mendengar bunyi.
Kompetensi
Dasar:
3.2 Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya
a. Materi
: Pemanfaatan Sumber Energi dan Cara Menghemat Energi
Sumber
energi memberi banyak manfaat bagi kita. Kita membutuhkannya setiap hari.
Penggunaan energi harus kita hemat. Karena jumlah sumber energi amat terbatas.
1) Energi
Listrik
Lampu
menggunakan energi listrik. Lampu yang menyala akan menerangi ruangan. Kitapun
dapat melihat benda-benda dengan jelas. Televisi menggunakan energi listrik.
Televisi dapat menyala karenanya.
Di
rumah sebaiknya cukup menggunakan satu televisi. Televisi dapat ditonton
bersama-sama. Selesai ditonton, televisi dimatikan. Ketika tidak dibutuhkan,
barang elektronik jangan dihidupkan. Nyala radio dimatikan jika tidak
didengarkan. Begitu pula dengan kipas angin.
2) Energi
Panas
Kita
menggunakan energi panas setiap hari. Energi panas terbesar berasal dari
matahari. Panas matahari mampu menghangatkan bumi. Energi panas dari matahari
tidak akan habis.
Berbeda
dengan energi panas dari sumber lainnya. Misalnya, energi panas dari minyak
tanah. Minyak tanah tersedia dalam jumlah terbatas. Jadi, penggunaannya harus
bisa hemat.
3) Energi
gerak
Motor
bergerak dengan bahan bakar bensin. Mesin motor mengubah bensin menjadi energi
gerak. Energi gerak berupa berputarnya ban motor.
Bensin
termasuk bahan bakar minyak. Jumlahnya sangat terbatas. Jadi, penggunaannya
harus kita hemat. Kita menggunakan sepeda untuk bepergian jarak dekat. Dan juga
bisa berjalan kaki. Dengan begitu, kita telah menghemat bahan bakar.
b. Kesulitan : Kesulitan yang kami hadapi yaitu menjelaskan tetang
energi gerak dikarnakan kami juga baru tahu bahwa ada mengenai energi gerak.
c. Solusi:
Belum terpikirkan
D. Peristiwa
Alam dalam Kehidupan
Standar Kompetensi
4.
Memahami
peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
a. Materi
1)
Kenampakan
Matahari
Kadudukan matahari
a)
Pagi
hari
Matahari
terbit di sebelah timur keadaan gelap berubah menjadi terang
matahari pada mulanya tampak sebagian lama kelamaan
matahari tampak seluruhnya matahari berbentuk lingkaran penuh. apa warna matahari saat terbit bagaimana
keadaan lingkungan saat itu?
b)
Tengah hari
Semakin siang
matahari makin tinggi udara semakin panas akhirnya matahari tepat berada di
atas kepala sinar matahari jatuh di bumi tegak lurus saat itulah biasa disebut
tengah hari
c)
sore
hari
Semakin lama
matahari semakin condong ke barat akhirnya matahari terbenam di sebelah barat
keadaan terang berubah menjadi gelap pada malam hari matahari tidak tampak sama
sekali begitulah gerakan matahari setiap hari matahari terbit dan tenggelam
secara teratur itulah bukti kebesaran tuhan yang maha esa oleh karena itu kita
wajib beriman kepadanya jam berapakah
matahari terbit dan tenggelam
Kompetensi
Dasar:
4.2.1.1
Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya
a. Materi : Matahari dalam kehidupan sehari-hari
1)
Kegunaan panas dan cahaya matahari
Matahari memancarkan panas dan cahaya matahari sebagai
sumber panas utama di bumi manusia hewan dan tumbuhan memerlukan matahari panas
matahari mempunyai banyak kegunaan. cahaya matahari diperlukan tumbuhan untuk
hidup tumbuhan sumber makanan bagi hewan dan manusia hewan dan manusia tidak
dapat hidup tanpa tumbuhan
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Materi matari yang
diajarkan dikelas satu ialah sebagai berikut:
1. Makhluk hidup dan proses kehidupan.
2.
Bentuk
dan wujud serta kegunaan benda.
3.
Sumber
energi dan kegunaannya.
4. Peristiwa alam dalam kehidupan.
B.
Saran
Saran
yang dapat kami sampaikan adalah dalam mengajar IPA untuk kelas rendah harus
menggunakan media yang rill atau nyata supaya pengetahuan yang didapat siswa
akan menjadi lebih bermakana.
DAFTAR PUSTAKA
Salirawati.
(2010). Gembira Belajar IPA 1.
Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar